Strategi Promosi Film Cek Toko Sebelah
Main Author: | Arifin, Fidelia |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/33657 |
Daftar Isi:
- Fidelia Arifin. 210110130443. 2018. Strategi Promosi Film “Cek Toko Sebelah”. Dr. Iwan Koswara, M.I.Kom sebagai pembimbing utama dan Jimi Narotama. M, S.Sos., M.Si sebagai pembimbing pendamping. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi film Cek Toko Sebelah, strategi penggunaan media dalam promosi film “Cek Toko Sebelah”, dan mengetahui alasan promosi film “Cek Toko Sebelah” menggunakan metode Incentivized Consumer-Generated Media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi dalam promosi film “Cek Toko Sebelah” dengan membuat cerita yang unik yaitu keluarga beretnis Tionghoa, disutradarai dan ditulis langsung oleh orang yang beretnis Tionghoa dan cerita yang dibuat relevan dengan yang dialami kebanyakan orang, serta mengajak komika untuk berpartisipasi dalam film ini supaya promosi dapat berjalan maksimal. Media yang paling aktif digunakan adalah media sosial Instagram dan Twitter. Media konvensional yang masih digunakan adalah televisi, radio, dan billboard. Cek Toko Sebelah juga pernah mengadakan kontes dua kali yaitu membuat teaser parody dan meme trailer. Kontes ini diadakan untuk menjaga hype Cek Toko Sebelah yang sudah dibangun saat sebelum shooting dimulai hingga film Cek Toko Sebelah tayang di bioskop.