Hubungan Antara Pesan Kampanye Diet Kantong Plastik dengan Sikap Followers Akun Instagram @iddkp Terhadap Penggunaan Kantong Plastik

Main Author: P, Yoke
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/33499
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara isi pesan dan daya tarik pesan dengan sikap followers @iddkp terhadap terhadap penggunaan kantong plastik. Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Model yang dikemukakan oleh Richard R. Petty dan John T. Cacioppo. Metode yang digunakan Metode Korelasional, melalui uji hipotesis Rank Spearman (rs) dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Responden penelitian ini sebanyak 92 orang, yang terpilih berdasarkan teknik sampling acak sederhana. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu kuisioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pesan kampanye diet kantong plastik memiliki hubungan yang cukup berarti dengan sikap followers-nya memiliki nilai koefisien 0,575, nilai thitung 9,678 > 1,986 dan sig 0,000 < 0,05. Hal tersebut disebabkan oleh aspek isi pesan yang positif dan daya tarik pesan yang cukup dan memiliki hubungan dengan perubahan sikap followers. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa isi pesan dengan kognisi, afeksi, dan konasi followers memiliki hubungan yang cukup berarti. Daya tarik pesan dengan kognisi dan afeksi followers memiliki hubungan yang rendah tapi pasti, dan daya tarik pesan dengan konasi followers memiliki hubungan yang cukup berarti. Saran dari peneliti agar tim @iddkp menyampaikan isi pesan yang memiliki nilai penting dan relevan bagi followers, mengunggah gambar dan video yang menarik, dan memperbanyak jumlah posting-an.