Hubungan antara Terpaan Pemberitaan Sepak Bola di Koran TopSkor dengan Sikap Pembaca yang Berlangganan TopSkor di Jakarta untuk Menonton Sepak Bola

Main Author: Aminah, Siti
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/33445
Daftar Isi:
  • Siti Aminah, 210110130245, 2017. “Hubungan antara Terpaan Pemberitaan Sepak Bola di Koran TopSkor dengan Sikap Pembaca yang Berlangganan TopSkor di Jakarta untuk Menonton Sepak Bola.” Dr. H. Dian Wardiana Sjuhcro, M.Si sebagai pembimbing utama dan Ipit Zulfan, S.Sos., M. I. Kom sebagai pembimbing pendamping. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara terpaan pemberitaan sepak bola di Koran TopSkor dengan sikap pembaca yang berlangganan TopSkor di Jakarta untuk menonton sepak bola. Penelitian ini menggunakan teori Stimulus Organism Response sebagai teori utama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan studi korelasional. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, studi pustaka, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 27.756 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah one-stage cluster random sampling (sampling klaster acak satu tahap). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ada hubungan antara terpaan pemberitaan sepak bola di Koran TopSkor dengan sikap pembaca yang berlangganan TopSkor di Jakarta untuk menonton sepak bola, dengan kategori hubungan yang tinggi, kuat. Adanya hubungan menujukkan bahwa responden terbuka terhadap stimulus yang terkandung dalam pesan-pesan pemberitaan sepak bola. Stimulus tersebut mampu memberikan efek untuk meyakinkan responden, sehingga terjadi kesediaan dalam diri responden untuk menonton sepak bola.