Tahapan Strategi dan Taktik Media Sosial Rase FM
Main Author: | Hermawan, Fajar |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/33172 |
Daftar Isi:
- Fajar Hermawan, 210110120548, Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Melakukan penelitian dengan judul “Tahapan Strategi dan Takti Media Sosial Rase FM”. Di bawah bimbingan Trie Damayanti, S.Sos., M.Si., selaku pembimbing utama dan Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si., sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan strategi dan taktik media sosial Rase FM Bandung sebagai upaya meningkatkan eksistensi dalam persaingan media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahapan strategi dan taktik media sosial Rase FM terdapat proses situation statement, objectives, define the audience, strategy, tactic, timeline, dan bugdgeting. Simpulan dari penelitian ini pada tahap situation statement Rase FM memahami tentang perkembangan zaman saat ini yang membuat pendengar Rase FM menurun dan Rase FM juga sadar bahwa dengan menggunakan media sosial Rase FM bisa bersaing dengan media yang lain. Tujuan dari penggunaan media sosial Rase FM adalah mendapatkan 200.000 pendengar. Target audiens Rase FM adalah sama seperti segmentasi pendengarnya yaitu dewasa muda menengah ke atas yang berdomisili di sekitar Bandung. Strategi Rase FM adalah menggunakan media sosial sebagai upaya meningkatkan eksistensi dalam persaingan media. Selanjutnya ada banyak taktik yang digunakan oleh Rase FM yang telah peneliti klasifikasi menjadi Share, Optimize, Manage, Engage, dan Evaluasi. Kemudian, Rase FM tidak memiliki timeline dalam pengelolaan media sosialnya. Terakhir, untuk budget yang dikeluarkan oleh Rase FM adalah 150 ribu untuk uang dan sisanya bersifat fasilitas yang dimiliki oleh Rase FM. Saran yang diberikan oleh peneliti pada tahap situation statement adalah sebaiknya Rase FM melakukan observasi yang detail terhadap kompetitor. Selanjutnya untuk objective sebaiknya Rase FM menjadikan matriks dalam analytics dan insight sebagai patokan dalam menentukan tujuan. Kemudian dalam menentukan target audiens sebaiknya Rase FM juga terus memantau pada saat pelaksanaan pengelolaan media sosial. Kemudian, untuk strategy sebaiknya Rase FM membuat guidelines yang lebih rinci. Selanjutnya, dalam pembuatan taktik sebaiknya Rase FM menentukan KPI (Key Performance Indicators) pada setiap taktiknya untuk menjadi tolak ukur dalam evaluasi. Kemudian, sebaiknya Rase FM membuat timeline dalam pengelolaan media sosialnya. Terakhir, sebaiknya pengelola media sosial Rase FM membuat rincian anggaran dana sesuai dengan kebutuhan. Kata Kunci: Tahapan Strategi dan Taktik Media Sosial, Media Sosial