Perilaku Self-Disclosure Vlogger Melalui Video Blog di YouTube

Main Author: Permatasari, Meutia Miranda
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/33140
Daftar Isi:
  • Meutia Miranda Permatasari, 210110120523, 2017. Skripsi berjudul Self-Disclosure Vlogger Melalui Video Blog di YouTube. Pembimbing Utama, Dr. Asep Suryana, M.Si. dan Pembimbing Pendamping Hj. Kismiyati El Karimah, Dra., M.Si. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengungkapan diri yang dilakukan oleh vlogger melalui video blog sebagai upaya memenuhi audience engagement di YouTube. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa alasan vlogger mengungkapkan dirinya melalui video blog karena adanya dorongan secara internal dan eksternal, serta karakteristik video blog yang mendukung. Dorongan-dorongan tersebut memengaruhi vlogger dalam mengungkapkan dirinya untuk mencapai tujuan pengungkapan diri yang diharapkan, khususnya memenuhi audience engagement. Proses pengungkapan diri melalui video blog dimulai dengan perekaman kehidupan sehari-hari dan editing guna melindungi diri vlogger dari resiko penolakan dan kerugian atas hilangnya informasi pribadi. Kemudian perilaku engagement terjadi saat audience merespon video blog dengan sejumlah aksi behavioral dan vlogger melakukan tindakan untuk mempertahankan dan meningkatkan audience engagement. Kata kunci: self-disclosure online, vlog, YouTube, audience engagement ABSTRACT Meutia Miranda Permatasari, 210110120523, 2017. This research entitled Vlogger’s Self-Disclosure on YouTube’s Video Blogs. Main Advisor Dr. Asep Suryana, M.Si. and Vice Advisor Hj. Kismiyati El Karimah, Dra., M.Si. Department of Communication Management, Faculty of Communication Science, Padjadjaran University, Jatinangor. The research aimed to find out how vlogger’s self-disclosure on YouTube’s Video Blogs in order to fulfill the audience engagement, including motivation of vlogger’s self disclosure, process of self-disclosure, and form of audience engagement in self-disclosure. This research used qualitative method with case studies approach and used in-depth interview, observation, and literature studies to collect the data. The result showed that there are three driver’s of vlogger’s disclosure motivation on video blogs: personal, social, and media characteristics. Those drivers’ influence vlogger to disclose their selves so they can obtain the desired goal of disclosure, especially fulfill the audience engagement. Self-Disclosure processes started from recording vlogger’s daily life and edit the videos to protect themselves from rejection and risks of losing private information. Then, engagement happens when audiences react to the video blogs with some of the behavioral acts and the vloggers try to gaining and keeping the audience engagement. Keywords: online self-disclosure, vlog, YouTube, audience engagement