HUBUNGAN ANTARA KREDIBILITAS PEMBICARA PADA KEGIATAN BUMN MENGAJAR 2016 DENGAN SIKAP PESERTA TERHADAP PT. BIO FARMA
Main Author: | Anugrah, Fristya Dwi |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/33079 |
Daftar Isi:
- Fristya Dwi Anugrah, 210110120472, 2017 Hubungan Antara Kredibilitas Pembicara Pada Kegiatan BUMN Mengajar 2016 Dengan Sikap Peserta Terhadap PT Bio Farma. Pembimbing utama Dr. H. Iriana Bakti, M.Si dan pembimbing pendamping Dr. Rosnandar Romli, M.Si. Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kredibilitas pembicara pada kegiatan BUMN Mengajar dilihat dari segi keahlian, keterpercayaan dan daya tarik dengan sikap peserta terhadap PTBio Farma. Penelitian ini menggunakan Source Credibility Theory dari Hovland, Janis dan Kelley. Populasi dalam penelitian ini adalah 7 sekolah yang berada di kabupaten Jawa Barat yang mengikuti kegiatan BUMN Mengajar 2016, sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 peserta yang diambil menggunakan teknik multistage cluster sampling dan pengujian validitas dan realibilitas menggunakan Rank Spearman dan alpla cronbach.. Teknik pengumpulan data melalui anget, studi kepustakaan, wawancara dan observasi. Teknik analisis data deskriptif dan statistik inferensial melalui uji hipotesis Rank Spearman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang cukup berarti antara kredibilitas pembicara dengan sikap peserta terhadap PT Bio Farma. Dimana masing-masing variabel yang diujikan memang memiliki keterkaitan atau korelasi satu sama lain. Kesimpulan, keahlian, daya tarik dan keterpercayaan komunikator merupakan unsur-unsur yang berhubungan dengan sikap komunikannya. Saran, diharapkan pembicara pada kegiatan BUMN Mengajar mampu menjaga kredibilitasnya sebagai komunikator dengan cara meningkatkan keahliannya, menjaga dan mengembangkan daya tariknya dan menjaga keterpercayaan dirinya agar dapat lebih mudah mempengeruhi sikap peserta.