PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM @SHIFTMEDIA.ID OLEH KELOMPOK SHIFT PEMUDA HIJRAH
Main Author: | R, Raden Adhitama A |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/33036 |
Daftar Isi:
- Raden Adhitama Abdul Rasyiid, 210110120431, Prodi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran. Penelitian ini berjudul “Pengelolaan Konten Media Sosial Instagram oleh Kelompok Shift Pemuda Hijrah” dengan Dr. Susie Perbawasari, M.Si, sebagai pembimbing utama dan Fajar Syuderajat, S.Sos., M.Si (Psi) sebagai pembimbing pendamping. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan pengelolaan konten instagram akun @shiftmedia.id yang meliputi pada tahap Share (Membagikan), Optimize (mengoptimalisasi), Manage (mengelola), dan Engage (mengikutsertakan). Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan jenis studi deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan adalah wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik penentuan key informant dengan cara purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan tiga tingkat yaitu, data reduction, data display, data verification, dan conclusing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok shift pemuda hijrah menyadari aktivitas media sosial sering digunakan oleh kelangan pemuda, khususnya instagram kemudian konten yang dibuat adalah mengenai jadwal dan rangkuman ceramah dengan penyisipan komedi dan aksi yang disertai dengan sudut pandang komedi dan nilai keagamaan. Akun @shiftmedia.id belum optimal didalam mengelola kontennya, karena hanya menggunakan cara manual didalam melihat interaksi yang terjadi didalamnya. Didalam pengelolaannya kelompok shift pemuda hijrah kurang memanfaatkan beberapa sektor, salah satunya adalah tidak dilakukannya media monitoring dan tidak melakukan repon dengan cepat, yang mereka sudah lakukan dalam tahap ini adalah menggunakan fitur live instagram untuk berinteraksi dalam waktu yang sebenar-benarnya. Dalam tahap engage kelompok shift pemuda hijrah hanya memiliki influencer yang berasal dari internal kepengurusannya, untuk menentukan audiensnya mereka menggunakan acuan dari segmentasi market dakwah yang sudah dibuat, dan untuk menarik audiens mereka hanya memperhatikan aspek aksi, komedi, dan nilai didalam konten yang mereka buat.