Proses Rebranding Bekasi Square Menjadi Revo Town

Main Author: Widianingsih, Tika
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/32979
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching mal Revo Town oleh divisi Media Relations dan Advertising and Promotions Mal Revo Town. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penelitian ini dilaksanakan di mal Revo Town Jalan Ahmad Yani, Pekayon Jaya Kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Revo Town dalam melakukan proses rebranding melalui empat tahap. Pertama, repositioning dengan perubahan target market dan konsep mal. Kedua, renaming perusahaan yang semula Bekasi Square merubah namanya menjadi Revo Town. Ketiga, redesigning elemen tangible dan visual lainnya, seperti logo, iklan, alat tulis kantor, merchandise, dan interior serta eksterior mal. Keempat, relaunching konsep dan brand baru berupa publikasi secara implisit kepada publik. Simpulan dari penelitian ini adalah pada tahap repositioning, perubahan target market dan penambahan tenant mix yang menjadi fokus Rebranding direncanakan kurang matang. Pada tahap redesigning sejak awal Revo Town tidak membuat sebuah jingle padahal dalam konsep seharusnya dalam tahap redesigning harus merubah jingle atau mempunyai jingle perusahaan. Saran pada penelitian ini adalah agar manajemen segera merampungkan pergantian tenant yang sesuai dengan target market baru, mengaktifkan media sosial secar berkala, dan membuat jingle sesuai dengan syarat sebuah proses redesigning. Kata kunci: deskriptif, proses rebranding, rebranding mix