HUBUNGAN ANTARA INFORMASI DALAM AKUN INSTAGRAM DENGAN SIKAP FOLLOWERS TERHADAP MALL FX SUDIRMAN

Main Author: Simanjuntak, Cathrin
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/32942
Daftar Isi:
  • Cathrin Pebruanty, 210110120336, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Informasi Dalam Akun Instagram @fxsudirman Dengan Sikap Followers Terhadap Mall FX Sudirman”, studi korelasional mengenai Hubungan Antara Informasi Dalam Akun Instagram @fxsudirman Dengan Sikap Followers Aktif Terhadap Mall FX Sudirman. Trie Damayanti, S.Sos., M.Si sebagai dosen pembimbing utama dan Dra. Kokom Komariah, M.Si sebagai dosen pembimbing pendamping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara valensi dan bobot informasi dalam akun instagram @fxsudirman dengan sikap followers terhadap mall fX Sudirman. Penelitian ini menggunakan teori Intergrasi Informasi yang dikemukakan oleh Fishbein dalam Littlejohn. Metode yang digunakan Metode Korelasional, melalui uji hipotesis Rank Spearman (rs) dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Responden penelitian ini sebanyak 91 orang, yang terpilih berdasarkan teknik sampling acak sederhana. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu kuisioner, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa informasi dalam akun instagram @fxsudirman memiliki hubungan yang cukup berarti dengan sikap followers-nya. Hal tersebut disebabkan oleh aspek valensi informasi yang positif dan bobot informasi yang tinggi dan memiliki pengaruh dengan perubahan sikap followers. Informasi disampaikan dengan menggabungkan keseluruhan informasi mengenai mall fX Sudirman melalui akun instagram @fxsudirman. Saran dari penelitian ini agar tim @fxsudirman lebih menambah jumlah posting-an gambar/foto yang disertai caption dengan penjelasan yang detail mengandung 3 konten yaitu nama produk/jasa yang di posting, nama tenant & lokasi-nya, serta syarat & ketentuan untuk posting-an harga promosi. Selain itu, untuk selalu membalas atau menjawab setiap pertanyaan/komentar dari followers-nya, karena dengan menjawab pertanyaan setiap followers akan menambah aspek kognisi, aspek afeksi, serta aspek konasi followers-nya. Peneliti juga menyarankan agar tim @fxsudirman mem-posting setiap informasi dengan seimbang, sehingga tidak ada kesenjangan antar informasi dari masing-masing tenant. Hal ini bertujuan agar seluruh tenant yang berada di mall fX Sudirman diketahui oleh followers serta masyarakat.