HUBUNGAN ANTARA KAMPANYE 10 PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DENGAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP KESEHATAN DIRI
Main Author: | Citrasiwi, Galih |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/32816 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Galih Citrasiwi. 210110120228. Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul Penelitian “Hubungan antara Kampanye 10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Sikap Masyarakat terhadap Kesehatan Diri”. Penelitian telah dibimbing oleh Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si. sebagai pembimbing utama dan Dr. Hj. Diah Fatma Sjoraida, M.Si. sebagai pembimbing pendamping. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan paradigma positif. Teori yang digunakan adalah Teori Elaboration Likelihood Model (ELM) yang dikemukakan oleh Richard E. Petty dan John T. Cacioppo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pesan dan komunikator dalam kampanye 10 perilaku hidup bersih dan sehat dengan pengetahuan, perasaan, dan kecenderungan perilaku masyarakat terhadap kesehatan diri. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini mengambil sampel dari 47 orang yang diperoleh dengan teknik sampling klaster. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara kampanye 10 perilaku hidup bersih dan sehat dengan sikap masyarakat terhadap kesehatan diri. Kesimpulan penelitian ini adalah pesan dan komunikator dalam kampanye 10 perilaku hidup bersih dan sehat dapat mempengaruhi pengetahuan, perasaan, dan kecenderungan perilaku masyarakat terhadap kesehatan diri. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian ini, yaitu materi pesan kampanye mengenai 10 perilaku hidup bersih dan sehat disampaikan dengan argumen-argumen yang lebih kuat mengenai pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dan komunikator dapat lebih meningkatkan kredibilitasnya sebagai pembicara kampanye agar mampu memberikan perubahan dalam aspek emosional peserta kampanye. ABSTRACT Galih Citrasiwi. 210110120228. Majoring in Public Relations, Faculty of Communication Science, Padjadjaran University. The title of the research is “The Correlation between 10 Clean and Healthy Behaviors (PHBS) Campaign with People Attitudes towards Personal Health”. This research was supervised by Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si. as the main supervisor and Dr. Hj. Diah Fatma Sjoraida, M.Si. as associate supervisor. This research used correlational method with quantitative tradition and positivism paradigm. The theory used in this research is Elaboration Likelihood Model Theory by Richard E. Petty and John T. Cacioppo. The aim of this research is to know the relations between message and communicator of 10 Clean and Healthy Behaviors (PHBS) campaign with society’s cognitive, affective, and conative towards personal health. The research technique for data collection are questionnaire, observation, interview, and literature review. This research took sample from 47 person from cluster sampling. Analysis technique used in this research is descriptive and inferential analysis. The result of this research is there is a significant relation between 10 Clean and Healthy Behaviors (PHBS) Campaign with People Attitudes towards Personal Health. The conclusion of this resaerch is the message and communicator of 10 Clean and Healthy Behaviors (PHBS) campaign could influence society’s cognitive, affective, and conative towards personal health. Suggestion for this research is, the message of 10 Clean and Healthy Behaviors (PHBS) Campaign must have strong arguments to change people’s beliefs and the communicator should improve their credibility to effect the afffective aspect of the audience.