Pemanfaatan Kanal YouTube sebagai Medium Amplifikasi Konten Berita oleh TV NET

Main Author: Kartakusuma, Marcha Nurliana
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/32765
Daftar Isi:
  • Marcha Nurliana Kartakusuma, 210110120176, 2017. Skripsi ini berjudul “Pemanfaatan Kanal YouTube “Official NET News” sebagai Medium Amplifikasi Konten Berita oleh TV NET.”. Studi Kasus Intrinsik mengenai pemanfaatan kanal YouTube “Official NET News” oleh TV NET. sebagai wadah amplifikasi konten berita. Pembimbing utama Pandan Yudhapramesti, S.Sos., M.T., dan pembimbing pendamping Gumgum Gumilar, S.Sos., M.Si. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Univeritas Padjadjaran, Jatinangor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui landasan utama dan target, proses dan strategi, serta peran kanal YouTube “Official NET News” sebagai medium amplifikasi konten berita oleh TV NET. dalam mencapai target yang telah ditetapkan. Untuk itu, peneliti menggunakan teori determinisme teknologi oleh Marshall McLuhan sebagai landasan teoritis penelitian ini. Peneliti juga menggunakan prinsip-prinsip manajemen dari George R. Terry sebagai salah satu pisau analisis penelitian ini. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus intrinsik yang didesain oleh Robert E. Stake. Hasil penelitian menunjukan bahwa alasan TV NET. menggunakan kanal YouTube “Official NET News” sebagai medium amplifikasi berita adalah membangun kesadaran (awareness) dari masyarakat, memfasilitasi khalayak agar dapat menonton kembali tayangan yang telah selesai disiarkan melalui siaran terestrial, dan meraih keuntungan melalui monetisasi. TV NET. memanfaatkan fitur-fitur yang ada di YouTube sebagai strategi yang dijalankan untuk mencapai tujuannya. Simpulan penelitian ini adalah kanal YouTube “Official NET News” sebagai medium amplifikasi konten berita berperan besar dalam pencapaian target-target yang ditetapkan karena berhasil menyumbang jumlah penonton (views) dan pelanggan (subscribers) dalam jumlah besar dibandingkan kanal TV NET. yang lain, akan tetapi kanal YouTube “Official NET News” belum mampu bersaing dengan kanal TV NET. yang lain jika melihat dari penghasilan monetisasi. Saran dari peneliti adalah memperbanyak jumlah sumber daya manusia di divisi news dan departemen new media untuk menambah konten-konten yang tidak disiarkan melalui siaran terestrial TV NET.. Saran untuk menambah sumber daya manusia juga dilandasi agar departemen new media dapat lebih memanfaatkan fitur dan membuat strategi kreatif dalam pemanfaatan kanal YouTube “Official NET News”.