PERENCANAAN KOMUNIKASI DI AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PUTERIMUSLIMAHID OLEH PUTERI MUSLIMAH INDONESIA
Main Author: | Nabila, Khairunnisa |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/32756 |
Daftar Isi:
- Khairunnisa Nabila, 210110120160, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Perencanaan Komunikasi di Akun Media Sosial Instagram @puterimuslimahID oleh Puteri Muslimah Indonesia”. Penelitian ini dibawah bimbingan Dra. Lukiati Komala Erdinaya, M.Si. sebagai pembimbing utama dan Priyo Subekti, S.Sos., M.Si. sebagai pembimbing pendamping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas penyampaian informasi, optimalisasi pesan, pengelolaan media sosial, dan aktivitas membangun keterikatan dengan publik dalam di akun media sosial instagram @puterimuslimahID oleh Puteri Muslimah Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif dengan jenis data kualitatif. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Circular Model of SoMe (Model SoMe) dari Regina Luttrell. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi non partisipan, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, Puteri Muslimah Indonesia membuat variasi dalam mengunggah foto dan video, serta cenderung menggunakan bahasa Indonesia dalam menyampaikan pesan. Kedua, dalam mengoptimalisasi penyampaian pesan tersebut, meskipun tidak menggunakan tools seperti Social Mentions untuk melacak dan mengukur real time conversations, Puteri Muslimah Indonesia memanfaatkan keberadaan hashtag sebagai keyword, dan mengerahkan seluruh finalis untuk ikut menyebarluaskan informasi di akun instagram masing-masing. Ketiga, Puteri Muslimah Indonesia tidak memanfaatkan jasa admin untuk mengelola media sosial instagram @puterimuslimahID, sehingga Puteri Muslimah Indonesia mengupayakan untuk tetap quick response terhadap publik dengan menerapkan jam piket., serta mengetahui best time to post di instagram @puterimuslimahID. Keempat, dalam membangun keterikatan dengan publik, Puteri Muslimah Indonesia lebih memilih pendekatan non formal, seperti dengan memberikan panggilan Sahabat PMI kepada publiknya. Puteri Muslimah Indonesia juga membuat program reguler. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model SoMe di akun media sosial instagram @puterimuslimahID oleh Puteri Muslimah Indonesia belum efektif. Saran yang disampaikan oleh peneliti kepada pihak Puteri Muslimah Indonesia adalah sebaiknya Puteri Muslimah Indonesia memanfaatkan tools seperti Social Mentions dan Social Media Dahsboards untuk dapat mengukur dan melacak real time conversations di antara publik serta membuat fanbase di instagram untuk dapat membangun engagement lebih optimal dengan publik.