Perencanaan Komunikasi Melalui Instagram @holidayinnbandung oleh E-commerce Executive Holiday Inn Bandung
Main Author: | S, Ajeng Jayanti |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/32710 |
Daftar Isi:
- Ajeng Jayanti Satyadewi, 210110120113, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul ”Perencanaan Komunikasi Melalui Instagram @holidayinnbandung oleh E-Commerce Executive Holiday Inn Bandung” dengan sub judul “Studi deskriptif kualitatif mengenai penerapan Model SOME sebagai model perencanaan komunikasi melalui akun media sosial Instagram oleh Public Relations Holiday Inn Bandung”. Peneltian ini dibawah bimbingan Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si dan Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si sebagai pembimbing pendamping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses share, optimize, manage, dan engage dalam perencanaan komunikasi melalui Instagram @holidayinnbandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Landasan konsep yang digunakan adalah The Circular Model of SOME dari Regina Lutrell. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melakukan perencanaan komunikasi melalui Instagram @holidayinnbandung cukup optimal. Dalam proses share pemilihan Instagram dilatar belakangi oleh keberhasilan penggunaan hashtag oleh IHG internasional. Dalam proses optimize perencanaan dilakukan diawali dari promo-promo yang ingin dibuat sedangkan pengoptimalisasian konten dilakukan dengan memerhatikan aspek foto dan juga caption. Pada proses manage dilakukan media monitoring dengan website-website analitik seperti pixlee dan insight Instagram, sedangkan proses merespon feedback dilakukan secara manual. Pada proses engage perencanaan dilakukan dengan menggunakan brand influencers dan juga membuat konten-konten yang atraktif agar dapat menghibur dan berinteraksi dengan khalayak atau followers. Saran yang ingin disampaikan peneliti kepada Holiday Inn Bandung adalah sebaiknya Holiday Inn Bandung lebih memperhatikan feedback yang masuk dan direspon secara cepat dan juga lebih megoptimalkan perencanaan konten-konten agar dapat berinteraksi dengan khalayak dan melakukan engagement dengan optimal terhadap publiknya sehingga dapat tercapai tujuan yang diharapkan.