hubungan Antara Penggunaan Koran Topskor dengan Pemenuhan Kebutuhan Olahraga Sepakbola di Kalangan Mahasiswa
Main Author: | Fuady, Ahmad |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/32585 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Penggunaan Koran TopSkor dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Olahraga Sepakbola di Kalangan Mahasiswa, dengan sub judul “studi Korelasional antara penggunaan koran TopSkor dengan pemenuhan kebutuhan informasi sepakbola di kalangan mahasiswa komunitas United Indonesia Bandung”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Antara pengunaan koran TopSkor dengan pemenuhan kebutuhan informasi sepakbola di kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah komunitas United Indonesia Bandung dengan jumlah keseluruhan populasi 300 orang dan diambil sampel sebanyak 100 responden, terdiri atas 66 responden gemar membaca topskor dan 34 diantaranya tidak suka membaca TopSkor dengan teknik sampling acak sederhana / simple random sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori user and gratifications. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dilakukan dengan cara menganalisis data berupa kuesioner dan menggunakan perhitungan statistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan koran TopSkor mendapatkan tanggapan yang bagus dari responden begitu juga dengan kebutuhan informasi sepakbola mahasiswa terpenuhi dengan terbitnya harian koran TopSkor ini. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan koran TopSkor yang terdiri dari intensitas penggunaan, jenis isi pesan serta hubungan individu dengan isi koran mendapatkan tanggapan yang baik dari responden. Begitu juga dengan pemenuhan kebutuhan informasi yang terdiri dari kepuasaan informasi dan penambahan pengetahuan mendapatkan tanggapan yang baik dari responden.