Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Main Author: Habibi, Abuya
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/32511
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Abuya Habibi. 210110110616. 2014. “Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen produk paket wisata Bali–Jogja di Wilayah Bandung pada PT. Karsa Mandiri Karya Tour and Travel Cabang Bandung”. Dengan Drs. Slamet Mulyana, M.I.Kom, sebagai pembimbing utama, dan Drs. Iwan Koswara, M.Si., sebagai pembimbing pendamping. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth dilihat dari aspek talker, topics, tools, taking part dan tracking terhadap keputusan pembelian konsumen produk paket wisata Bali–Jogja di Wilayah Bandung pada PT. Karsa Mandiri Karya tour and travel Cabang Bandung, menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, wawancara, dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melalui komunikasi word of mouth dalam menentukan keputusan pembelian, dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan perhitungan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil pengujian secara simultan menunjukan bahwa subvariabel talkers, topics, tools, taking part dan tracking memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini berarti bahwa word of mouth akan memberikan dampak yang positif khususnya word of mouth terhadap keputusan pembeliaan konsumen produk paket wisata Bali-Jogja pada PT. Karsa Mandiri Karya Tour and Travel Cabang Bandung. Hasil tersebut didapatkan dari nilai R Square, yang menunjukan bahwa sebesar 52,7% variabel keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh variabel word of mouth sedangkan sisanya merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti yaitu sebesar 47,3%. Hal ini menunjukan bahwa masih terdapat variabel lain yang bisa digunakan untuk menjelaskan keputusan pembelian. Secara parsial menunjukkan bahwa yang memiliki pengaruh paling besar antara talkers, topics, tools, taking part, dan tracking terhadap keputusan pembelian yaitu subvariabel topics, sedangkan pengaruh paling kecil yaitu subvariabel tracking. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa word of mouth memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen produk paket wisata Bali-Jogja di Wilayah Bandung pada PT. Karsa Mandiri Karya tour and travel Cabang Bandung. Kata Kunci: Word of Mouth, Keputusan Pembelian