PERSONAL BRANDING PUTRI DANIZAR SEBAGAI DISC JOCKEY MUDA INDONESIA
Main Author: | T, Christie Rachel L |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/32439 |
Daftar Isi:
- Christie Rachel Lumban Tobing. 210110110517. 2015. Mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. “Personal Branding Putri Danizar Sebagai Disc Jockey Muda Indonesia”. Trie Damayanti, S.Sos, M.Si., sebagai pembimbing utama dan Lilis Puspitasari, S.Sos., M.I.Kom. sebagai pembimbing pendamping. Tujuan penelitiaan ini yaitu untuk mengetahui kejadian penting, kisah konflik dan tahapan perjalan hidup Putri Danizar dalam membentuk personal branding. Penelitian ini menggunakan Teori Fenomenologi dengan paradigma konstruktivis sebagai landasan penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode riset naratif yang dimulai dengan pengalaman yang diekspresikan dalam cerita yang disampaikan oleh individu. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Subjek penelitian adalah DJ Putri Danizar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga aspek penting dalam penelitian ini. Pertama bahwa kejadian penting yang dialami Putri Danizar dalam membentuk personal branding diantaranya dengan mengikuti kejuaraan DJ, menjadi semi-resident DJ di The Foundry 8, dan terdaftar sebagai anggota di Trigger Production. Kedua, cerita konflik tentang profesi disc jockey dalam membentuk personal branding menurut Putri Danizar diantaranya adalah stigma mengenai pekerjaannya, larangan orang tua dan keluarga besar, pendidikan yang sempat tertunda, permasalahan di event organizer sebelumnya, dan kenyataan bahwa Putri Danizar kini harus menggantikan posisi Almarhum ayahnya untuk menjadi tulang punggung keluarga. Ketiga, tahapan perjalanan hidup Putri Danizar dalam membentuk personal branding , Putri Danizar menggunakan tools media sosial untuk menyebarkan informasi mengenai kegiatannya dan upayanya untuk menjadi the real disc jockey dengan tampilan dan pembawaannya, hingga kini Putri Danizar telah memiliki anak didik yang ia dinilai dapat membantu personal brandingnya semakin baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar Putri Danizar sebaiknya mulai membangun hubungan dengan media konvensional, bekerja sama dengan sekolah-sekolah DJ untuk mengadakan clinic class, dan terus melanjutkan personal branding sebagai disc jockey muda berbakat Indonesia. Kata kunci: personal branding, disc jockey, Teori Fenomenologi, Riset Naratif