Manajemen Bisnis Penerbitan Buku Digital Sebagai Sebuah Mediamorfosis

Main Author: Ayuningtyas, Retno N
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/32406
Daftar Isi:
  • Retno Nurul Ayuningtyas. 210110110484. 2016. Penelitian ini berjudul “Manajemen Bisnis Penerbitan Buku Digital Sebagai Sebuah Mediamorfosis”, dengan bimbingan dari Dr. Atwar Bajari, M.Si sebagai dosen pembimbing utama dan Ilham Gemiharto, S.Sos., M.Si. sebagai pembimbing pendamping. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan manajemen bisnis penerbitan buku digital yang dilakukan oleh PT Telekomunikasi Indonesia sebagai pengembang platform Qbaca yang meliputi latar belakang bisnis Qbaca, model bisnis Qbaca, rantai proses produksi dan distribusi konten buku digital dalam platform Qbaca, serta upaya sosialisasi dan promosi Qbaca kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Qbaca dikembangkan karena adanya peningkatan kebutuhan penggunaan media digital di kalangan khalayak yang menuntut PT Telekomunikasi Indonesia untuk beradaptasi dan mengembangkan produk-produk berbasis teknologi digital serta untuk memfasilitasi penerbit membangun industri buku digital di Indonesia. Qbaca menjalankan dua jenis model bisnis buku digital, yaitu model closed-user group dan model e-bookstore atau ritel. Dari segi produksi, buku digital di dalam platform Qbaca melalui tiga tahap kegiatan produksi yaitu praunggah, unggah, dan pascaunggah yang pelaksanaannya bekerjasama dengan penerbit. Kerjasama antara penerbit dan pengembang Qbaca juga meliputi kegiatan promosi dan sosialisasi buku digital kepada pembaca, yang dilakukan secara online dan offline.