Kampanye Mari Lari oleh Komunitas Indorunners
Main Author: | Putri, Rizqa Auliya |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/32333 |
Daftar Isi:
- Rizqa Auliya Putri, 210110110405, Program Studi Hubungan Masyarakat. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian yang berjudul “Kampanye Mari Lari Oleh Indorunners”, dengan sub judul: studi deskriptif Kampanye “Mari Lari” Oleh Komunitas Indorunners Untuk Penebaran Virus Lari Sebagai Gaya Hidup. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Hj. Susanne Dida, M.M sebagai pembimbing utama dan sebagai pembimbing pendamping Dr. Hj. Diah Fatma Sjoraida, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan Kampanye “Mari Lari” dalam penyebaran virus lari yang dilakukan oleh Komunitas Indorunners untuk menjadikan lari sebagai gaya hidup di masyarakat, bagaimana proses pelaksanaan Kampanye “Mari Lari” dalam penyebaran virus lari yang dilakukan oleh Komunitas Indorunners untuk menjadikan lari sebagai gaya hidup di masyarakat, untuk mengetahui proses evaluasi Kampanye “Mari Lari” dalam penyebaran virus lari oleh Komunitas Indorunners untuk menjadikan lari sebagai gaya hidup di masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang Indorunners dalam melakukan Kampanye “Mari Lari” dalam penyebaran virus lari yaitu untuk menjadikan lari sebagai gaya hidup dan budaya di Indonesia, alasan lainnya juga dikarenakan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat Indonesia dalam berolahraga. Sehingga, Indorunners membuat sebuah kampanye untuk mengajak masyarakat untuk memulai gaya hidup sehat dengan berlari. Dalam tahap pengelolaan kampanye, terdapat tiga tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kampanye. Pada tahap perencanaan, Indorunners tidak terlalu melakukan persiapan atau perencanaan karena mereka langsung kepada strategi dan taktik. Pada tahap pelaksanaan, Indorunners melakukan kampanye dengan rutin melakukan lari selasa malam, melaksanakan event lari bertemakan sosial, menggunakan merchandise sebagai media kampanye dan aktif di media sosial. Pada tahap evaluasi, komunitas melalukan evalusi dalam bentuk FGD (Focus Group Discussion) Kesimpulan penelitian ini adalah Indorunners sudah menjalankan kampanye ini dengan cukup baik, namun masih banyak hal yang perlu di evaluasi dalam melaksanakan kampanye Mari Lari agar lebih maksimal lagi seperti dalam tahap perencanaan dan evaluasi.