Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Kantong Plastik Tidak Gratis oleh Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP)
Main Author: | Noble, Christ |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/32159 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Christ Noble, 210110110159. 2017. Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul Skripsi “Strategi Komunikasi dalam Sosialisasi Kantong Plastik Tidak Gratis oleh GIDKP di Kota Bandung” dengan pembimbing utama Dr. Feliza Zubair, M.Si dan pembimbing pendamping Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan cara GIDKP mensosialisasikan kantong plastik tidak gratis di Kota Bandung . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan penyajian data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik pengumpulan key informant dengan cara purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan empat tahap yaitu reduksi, penyajian, verifikasi serta penarikan kesimpulan. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan GIDKP menjalankan kegiatan sosialisi kantong plastik tidak gratis dengan cara mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode dan meyeleksi media dalam sosialisasi yang dijalankan. GIDKP dalam mengenal khalayaknya menunjuk warga Kota Bandung yang berada di area perbelanjaan sebagai komunikan dalam sosialisasi. GIDKP dalam menyusun pesan dan menetapkan metode memperhatikan unsur informatif, edukatif, dan persuasif. Dalam menyeleksi media, GIDKP menggunakan media online dan media konvensional untuk menyampaikan pesan ke warga Kota Bandung. Melalui penelitian ini, penulis menyarankan agar GIDKP lebih spesifik dalam menentukan komunikannya, dapat menggunakan metode redundancy untuk mempengerahui komunikannya, serta lebih menambahkan informasi dalam pesannya untuk memenuhi kebutuhan informasi. GIDKP dalam menyeleksi media dapat menambahkan televisi dan radio untuk menyampaikan pesan sosialisasi. Kata kunci : strategi, komunikasi, sosialisasi