Hubungan Antara Talk Show ENVOY Campus Roadshow Dengan Sikap Mahasiswa Terhadap Kegiatan Berwirausaha

Main Author: Mediawati, Utari
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/32142
Daftar Isi:
  • Utari Mediawati, 210110110135, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, 2016. Melakukan penelitian dengan judul “Hubungan Antara Talkshow ENVOY Campus Roadshow Dengan Sikap Mahasiswa Terhadap Kegiatan Berwirausaha”. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Lukiati Komala Erdinaya, M.Si sebagai pembimbing utama dan Bapak FX. Ari Agung Prastowo, S.Sos., M.I.Kom sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan PR yakni special event yang berbentuk talkshow yang dilakukan oleh Mien R Uno Foundation dalam mempersuasi peserta yang hadir dalam acara tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan tekhnik simple random sampling, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan, acara Talkshow ENVOY Campus Roadshow yang dilakukan untuk menyebarkan informasi tentang kegiatan berwirausaha dikalangan mahasiswa dengan tujuan untuk mempersuasi peserta agar merubah sikap mereka cukup berhasil. Acara talkhow yang terdiri dari faktor sumber dan faktor pesan ini ternyata mempunyai peran dalam mengubah sikap peserta terhadap kegiatan berwirausaha, kredibilitas pembicara dan struktur penyampaian pesan yang menjadi poin utama yang mempengaruhi sikap peserta yang meliputi opini, persepsi, afeksi, dan tindakan peserta terhadap kegiatan berwirausaha. Kesimpulan penelitian ini adalah walaupun acara talkshow cukup berhasil, namun masih terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki pembicara dan struktur pesan dalam acara Talkshow ENVOY Campus Roadshow terutama dalam usahanya untuk merubah opini dan persepsi peserta. Meskipun begitu dengan kemampuan lainnya yang dimiliki pembicara dalam mengolah dan menyampaikan pesan, ternyata sangat berpengaruh dalam mempersuasi peserta untuk mengubah afeksi dan tindakan mereka terhadap kegiatan berwirausaha.