Hubungan Terpaan Iklan Televisi Pocari Sweat Versi Member JKT48 dengan Minat Beli Member Komunitas Indo Runners

Main Author: Arafah, Mayarosa Nur
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/31970
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mayarosa Nur Arafah, 210110100319, Manajemen komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Judul pada penelitian ini adalah “Terpaan Iklan Pocari Sweat Versi Member JKT48 dengan Minat Beli Konsumen”. Studi korelasional mengenai hubungan terpaan iklan televisi Pocari Sweat versi member JKT48 (Hanna dan Haruka) dengan minat beli member Komunitas Indo Runners. Pembimbing utama Dr. Dadang Sugiana, M.Si. dan pembimbing pendamping Meria Octavianti, S.Sos.,M.I.Kom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar hubungan antara terpaan iklan televisi Pocari Sweat versi member JKT48 (Hanna dan Haruka) dengan minat beli member Komunitas Indo Runners. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini mengacu pada teori respon kognitif.Populasi dalam penelitian ini adalah member aktif dari Komunitas Indo Runners yang pernah menonton iklan tersebut. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel acak sederhana. Data penelitian didapatkan dari data primer, yaitu dengan menyebarkan angket pada 88 responden dan data sekunder melalui wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sedang dan cukup berarti antara terpaan (frekuensi dan intensitas menonton) iklan televisi Pocari Sweat versi JKT48 dengan minat beli komunitas Indo Runners, akan tetapi terdapat hubungan yang rendah tapi pasti antara Terpaan Iklan Pocari Sweat versi JKT48 dengan minat beli dikontrol oleh sikap dari Komunitas Indo Runners. Komponen sikap disini adalah sikap terhadap merek dan sikap terhadap iklan. Hubungan antara terpaan iklan dengan minat beli yang dikontrol oleh sikap terhadap merek (Z1) lebih besar dibandingkan dengan yang dikontrol oleh sikap terhadap iklan (Z2). Kata Kunci : Terpaan Iklan, Iklan Televisi, Respon Kognitif, Sikap Konsumen, Minat Beli, Pocari Sweat