Hubungan Antara Sajian Informasi Program Mandiri Charity Run Fun PT Bank Mandiri Tbk.(Persero) Dengan Sikap Nasabah Terhadap E-money

Main Author: Nasir, Zaid
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/31935
Daftar Isi:
  • Zaid Nasir, 210110100279, Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul penelitian “Hubungan Antara Sajian Informasi Program Mandiri Charity Run Fun PT Bank Mandiri Tbk.(Persero) Dengan Sikap Nasabah Terhadap E-money”. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Susie Perbawasari, M.Si sebagai pembimbing utama dan sebagai pembimbing pendamping FX. Ari Agung Prastowo, S.Sos, M.I.Kom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara sajian informasi program Mandiri Charity Run FunPT Bank Mandiri Tbk.(Persero) dengan sikap nasabah terhadap e-money. Penelitian ini diajukan sebagai salah satu persyaratan untuk menempuh ujian sarjana.Penelitianinimenggunakanmetodekuantitatif.Teori yang digunakan adalah Teori Integrasi Informasi (Information Integration Theory) yang dikemukakan oleh Fishbein. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial.Sampeldaripenelitianiniadalah 97 orang nasabah dari 3083nasabah yang mengikuti Program Mandiri Charity Run Fun yang dilaksanakan pada Oktober 2013–Oktober 2014 di Kota Jakarta yang diambildengancarateknik sampling sistematik.Sementara itu, untuk mengumpulkan data, penulis melakukan penyebaran angket, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara Sajian Informasi Program Mandiri Charity Run Fun dengan sikap nasabah terhadap e-money. Hubungan yang paling kuat antara variabel X2 dengan Y2 sedangkan hubungan yang lemah pada variabel X2 dengan Y3. Hasil atersebut menunjukkan bahwa informasi yang memiliki bobot tinggi mempengaruhi afeksi nasabah dalam hal pemahaman. Peneliti menyarankan agar PT Bank Mandiri Tbk.(Persero) menggunakan susunan klimaks dan antiklimaks seperti mempersiapkan argument terbaik pada awal dan akhir presentasi agar informasi yang disampaikan lebih menyakinkan nasabah. Selanjutnya, menggunakan bahasa yang tidak terlalu formal seperti penggunaan bahasa yang ringan agar informasi mudah dimengerti. Selain itu, penerapan langsung penggunaan e-money yang digabungkan dengan penyampaian informasi agar nasabah melakukan tindakan langsung untuk lebih mengerti.