Keragaan Usaha Budidaya dan Pemasaran Ikan Mas (Cyprinus carpio) di Kolam Air Deras (Studi Kasus di Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang)
Main Author: | Hidayati, Annisa |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/31794 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan pada pengusaha pembesaran ikan mas sistem kolam air deras Kecamatan Cijambe. Penelitian dilakukan mulai Februari 2015 sampai Agustus 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usaha budidaya ikan mas dan menganalisis pemasaran ikan mas di Kecamatan Cijambe. Metode penelitian adalah metode survei. Jenis dan sumber data berasal dari data primer yang diperoleh dari wawancara dan observasi di lapangan dan data sekunder diperoleh dari literatur yang terkait dengan penelitian. Analisis usaha budidaya ikan mas meliputi Analisis Pendapatan Usaha, Analisis Revenue Cost Ratio (RCR), Break Even Point (BEP) dan Payback Periods. Analisis pemasaran ikan mas meliputi Analisis Margin Pemasaran, Revenue Cost Ratio, Market Share dan Farmer’s Share. Hasil penelitian menunjukkan nilai R/C rata-rata pada usaha budidaya ikan mas adalah 1,29 yang artinya usaha budidaya mengalami keuntungan, BEP produksi sebanyak 18.996 kg, BEP harga sebesar Rp. 15.224 dan payback periods selama 20 bulan. Hasil analisis efisiensi pemasaran menunjukkan pola saluran pemasaran I memiliki tingkat efisiensi pemasaran tertinggi dengan nilai R/C rata-rata 1,22.