CITY BRANDING KOTA BANDUNG SEBAGAI FRIENDLY BANDUNG

Main Author: Pangestu, Reza Arief
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/31759
Daftar Isi:
  • Reza Arief Pangestu 210110100064 Program Studi Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran “City branding Kota Bandung” yang dibimbing oleh Dr. Suwandi Sumartias, M.Si sebagai pembimbing utama dan FX Ari Agung Prastowo, S.Sos,. M.I.Kom sebagai pembimbing kedua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang Friendly bandung sebagai city branding Kota Bandung, untuk mengetahui pemahaman pihak-pihak yang terlibat dalam proses city branding Kota Bandung sebagai Friendly bandung dan untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam mensosialisasikan city branding Kota Bandung sebagai Friendly bandung. Teori yang digunakan adalah teori konstruksi sosial dan teori interaksi simbolik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di kantor Pemerintah Kota Bandung, kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kota Bandung, kantor Nusae Design, kantor Monoponik Design Studio, dan kantor House the House. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pembentukan identitas Friendly bandung terbagi menjadi dua, yaitu latar belakang yang mendasari dibentuknya city branding di Kota Bandung dan latar belakang yang mendasari Friendly bandung sebagai city branding Kota Bandung. Pemahaman para pihak yang terlibat pada pembentukan Friendly bandung ini adalah city branding ini merupakan sebuah usaha sebuah kota dalam membentuk identitas kotanya yang dapat mewakili semua unsur yang ada didalam kotanya yang dibentuk dengan sistematis dan terencana baik agar tujuan tujuan kota dapat terwujud. Setelah terbentuknya Friendly bandung, para konseptor memanfaatkan beberapa jenis media Penelitian ini menyimpulkan bahwa city branding Friendly bandung merupakan sebuah usaha pembentukan identitas kota yang berlandaskan konsep city branding, Friendly bandung dianggap tepat karena dapat mewakili seluruh elemen masyarakat untuk merepresentasikan hal yang bersifat internal Kota Bandung maupun eksternal Kota Bandung dan dapat diterapkan pada berbagai aktifitas di Kota Bandung.