HUBUNGAN PENGGUNAAN INSTAGRAM @bdghansamo DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI ANGGOTA BANDUNG-KOREA COMMUNITY (HANSAMO)
Main Author: | Rachmayani |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/31685 |
Daftar Isi:
- Rachmayani, 210110090225, 2016, Jurusan Hubungan Masyarakat Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Kampus Bandung Universitas Padjadjaran . “Hubungan Penggunaan Instagram @bdghansamo dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Anggota Bandung-Korea Community (Hansamo)”. Pembimbing utama Dr. Susie Perbawasari, M.Si., dan pembimbing pendamping Aat Ruchiat Nugraha, S.Ssos., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan instagram @bdghansamo dengan pemenuhan kebutuhan informasi anggota Bandung-Korea Community (Hansamo). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 51 orang yang merupakan anggota dari Bandung-Korea Community (Hansamo). Teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian diuji dan dianalisa dengan menggunakan analisa statistik deskriptif dan inferensial. Hasil uji terhadap seluruh variabel menunjukkan semua sub variabel ditolak. Sub variabel yang ditolak menunjukkan adanya hubungan antara intensitas penggunaan instagram, isi media/pesan, hubungan individu dengan isi media dengan kepuasan informasi, dependensi informasi, dan pengetahuan informasi anggota Hansamo. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang sangat kuat antara penggunaan instagram @bdghansamo dengan pemenuhan kebutuhan informasi anggota Bandung-Korea Community (Hansamo). Saran penulis dalam penelitian ini yaitu, hendaknya Bandung-Korea Community (Hansamo) untuk lebih kreatif lagi dalam mengemas informasi mengenai isi pesan dalam akun instagram @bdghansamo, khususnya pada bagian dunia hiburan Korea dan tren-tren anak muda Korea, serta menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tulisan yang dapat dibaca dengan jelas.