TERPAAN MEDIA SOSIAL SNAPCHAT PADA MOTIF MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL SNAPCHAT

Main Author: Riyanto, Erik
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/31578
Daftar Isi:
  • Erik Riyanto, 210110090072 2016. Program Studi Manajemen Komunikasi, Universitas Padjadjaran. “Terpaan Media Sosial Snapchat pada Motif Mahasiswa dalam Menggunakan Media Sosial Snapchat”. Pembimbing utama Agus Setiaman S. Sos., M.I.Kom dan pembimbing pendamping Dedi R Erlandia A.Md., S.Sos., M.Si Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terpaan media sosial Snapchat pada motif mahasiswa dalam menggunakan media sosial Snapchat yang terdiri dari frekuensi dan durasi mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran pada angkatan 2015 dalam menggunakan media sosial Snapchat. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan secara online menggunakan googledocs melalui akun Line penulis. Responden berjumlah 100 orang dengan teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi penggunaan media sosial Snapchat termasuk dalam kategori sedang, durasi penggunaan media sosial Snapchat termasuk dalam kategori tinggi, motif kognitif termasuk dalam kategori sedang, motif afektif termasuk dalam kategori sedang, motif integratif personal dalam kategori tinggi, motif integratif sosial dalam kategori tinggi, dan motif pelarian dalam kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media sosial Snapchat secara frekuensi dan durasi mempunyai tingkat yang berbeda-beda, tergantung dari motif apa yang ingin dicapai oleh penggunanya. Motif yang ingin dicapai pengguna media sosial Snapchat mempengaruhi intensitas (frekuensi dan durasi) pengguna dalam mengaksesnya.