HUBUNGAN ANTARA KREDIBILITAS ENDORSER IKLAN PADA TELEVISI DENGAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP PRODUK

Main Author: R, Taumazka
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/31485
Daftar Isi:
  • Taumazka Rizki Rahardjo. 210110080255. Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Manajemen Komunikasi Universitas Padjajaran. Hubungan Kredibilitas Endorser Dalam Iklan Televisi Sunsilk Black Shine dengan Sikap Konsumen Terhadap Produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kredibilitas Raisa Andriana Andriana sebagai endorser dalam iklan televisi Sunsilk Black Shine dengan sikap mahasiswi fakultas ilmu komunikasi Universitas Padjajaran terhadap produk. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan studi korelasional. Data ordinal yang diperoleh dari angket dan studi kepustakaan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial dalam bentuk perhitungan koefesien korelasi Rank Spearman (Rs). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara keahlian, keterpecayaan, dan daya tarik Raisa Andriana sebagai endorser dalam tayangan iklan Sunsilk Black Shine dengan sikap mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran terhadap produk. Hasil uji statistik dengan menggunakan perhitungan korelasi Rank Spearman menunjukan hubungan yang signifikan antara kredibilitas Raisa Andriana sebagai endorser dalam tayangan iklan Sunsilk Black Shine dengan sikap konsumen terhadap produk. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sumber komunikasi yang kredibel memiliki pengaruh terhadap sikap khalayak. Semakin tinggi kredibilitas seorang komunikator, semakin tinggi pula sikap yang dihasilkan oleh khalayak. Hal ini sesuai dengan teori kredibilitas sumber (source credibility theory) yang dikemukakan oleh Hovland, Janis, Dan Kelley.