Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Prestasi Belajar Siswa

Main Author: Giovanni, Farleynia
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/31473
Daftar Isi:
  • Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dari berbagai sumber yang sangat luas yang diakses melalui piranti komputer. Prestasi belajar merupakan hasil kegiatan belajar, yaitu sejauh mana peserta didik menguasai bahan pelajaran yang diajarkan, yang diikuti oleh munculnya perasaan puas bahwa ia telah melakukan sesuatu dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara literasi digital dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 6 kota Bogor. Literasi digital terdiri dari kompetensi informasi, kompetensi komunikasi, kompetensi kreasi konten, dan kompetensi kemanan. Sedangkan prestasi belajar diukur dari rangking. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 kota Bogor kelas X dan XI tahun 2018/2019 dengan kriteria sampel menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif dan analisis inferensial. Hasil dan simpulan dari penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara kompetensi informasi, kompetensi komunikasi, kompetensi kreasi konten, dan kompetensi keamanan dengan prestasi belajar siswa.