KEGIATAN SOSIALISASI PENAMBAHAN DAYA LISTRIK GRATIS DAN SIKAP PELANGGAN

Main Author: Aulia, Mariska
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/31310
Daftar Isi:
  • Mariska Aulia, 210110070092, Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Judul Penelitian “Kegiatan Sosialisasi Penambahan Daya Listrik Gratis dan Sikap Pelanggan”. Dengan sub judul Studi Deskriptif Tentang Kegiatan Sosialisasi Penambahan Daya Listrik Gratis dan Sikap Pelanggan PT. PLN Kecamatan Arcamanik, Bandung Dalam Penggunaan Listrik. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. H. Iriana Bakti, M.Si Sebagai pembimbing utama dan Aat Ruchiat Nugroho, S.Sos., M.Si sebagai pembimbing pendamping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan sosialisasi program penambahan daya listrik gratis dan sikap pelanggan PT. PLN Kecamatan Arcamanik Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis observasi, penyebaran kuesioner, dan studi pustaka. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh pelanggan dari Kecamatan Arcamanik Terdapat 135 pelanggan PT. PLN Rayon Ujungberung yang memakai daya listrik 450 VA dan 900 VA, yang diambil dengan teknik sampling jenuh , sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumental Model Of Persuasion Theory. Berdasarkan hasil penelitian dengan cara penyebaran angket, wawancara, observasi dan studi kepustakaan dapat diperoleh hasil bahwa kegiatan sosialisasi penambahan daya listrik gratis membentuk sikap positif pelanggan dalam penggunaan listrik. Simpulan dari penelitian ini yaitu kegiatan sosialisasi program penambahan daya listrik gratis dapat membentuk sikap positif pelanggan PT.PLN di Kecamatan Arcamanik. Hal ini terlihat dari komunikator yang memiliki kredibilitas yang tinggi dan isi pesan sosialisasi yang baik dalam penyampaian pesan kepada pelanggan. Kedua variabel tersebut merupakan hal yang penting dalam menyampaikan suatu pesan sebagai salah satu kegiatan komunikasi. Saat melakukan sosialisasi, petugas menyampaikan pesan dengan perilaku sopan berupa mengucapkan salam dan menyapa pelanggan ketika memulai sosialisasi.. Setiap pelanggan harus dipastikan mendapatkan informasi tentang penambahan daya listrik gratis dengan jelas. Oleh karena itu sebaiknya saat melakukan sosialisasi, petugas menyampaikan pesan dengan perilaku sopan berupa mengucapkan salam dan menyapa pelanggan ketika memulai sosialisasi. Selain itu sosialisasi lebih intensif dengan pelanggan PT.PLN di area lain dan pengecekan secara berkala mengenai kemudahan dalam prosedur penambahan daya listrik gratis ini sehingga banyak pelanggan yang puas dan dapat menyebarkan informasi kualitas dan kemudahan tersebut pada pelanggan lainnya.