Penggunaan Media Massa dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Musik Pada Komunitas Musik Indie di Kota Bandung
Main Author: | Wati, Naluri Bella |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/31303 |
Daftar Isi:
- Naluri Bella Wati, 210110070036, 2012. Penggunaan Media Massa Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Musik Pada Komunitas Musik Indie di Kota Bandung. Dosen pembimbing utama Dian Wardiana Sjuchro, Drs.,M.Si.dan dosen pembimbing pendamping Gumgum Gumilar, S.Sos., M.Si., Jurusan Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penggunaan media massa yang memiliki konten musik indie terhadap kebutuhan informasi komunitas indie di Kota Bandung yang terdiri dari kebutuhan kognitif, afektif, integratif personal, integratif sosial, dan pelepasan ketegangan. Metode penelitian yang digunakan adalah survey kuantitatif dengan teknik analisis data deskriptif. Teknik pengambilan data berupa kuesioner (angket), wawancara, observasi, dan studi pustaka. Kuesioner dibagikan kepada sampel dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 orang dengan teknik pengukuran menggunakan tendensi sentral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas musik indie lebih banyak menggunakan media massa online untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Untuk hasil penelitian akan kebutuhan informasi yang terdiri dari kebutuhan kognitif, afektif, integratif personal, integratif sosial, dan pelepasan ketegangan, komunitas musik indie melalui media massa yang memiliki konten musik indie mendapatkan hasil yang baik. Saran bagi Media Massa, terutama media elektronik dan cetak, agar dapat meningkatkan konten musik indie karena komunitas musik indie membutuhkan informasi yang lebih beragam dari apa yang ditampilkan oleh media online. Kata Kunci: Media Massa, Musik Indie, Kebutuhan Informasi