STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KOTA DALAM MENYOSIALISASIKAN PROGRAM PARIWISATA
Main Author: | Massabumi, Prima |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/31275 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Prima Massabumi. 210110060254. “Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Dalam Menyosialisasikan Program Pariwisata”. Hj. Kismiyati El Karimah, Dra., M.Si., sebagai Pembimbing Utama, dan Ira Mirawati, S.Sos., M.Si. Sebagai Pembimbing Pendamping. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk strategi komunikasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dalam menyosialisasikan “12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir” Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi kepustakaan. Data yang dihasilkan tersebut kemudian diolah dan dianalisis menggunakan tiga tahapan analisis data yang terdiri dari deskripsi, analisis tema dan penonjolan. Hasil analisis tersebut kemudian diajukan kebenarannya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi dalam sosialisasi program “12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir” Jakarta Utara sudah dikatakan baik. Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dalam program “12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir” Jakarta Utara dilakukan melalui berbagai jenis komunikasi dan sosialisasi. Berbagai penyelenggaraan kegiatan yang terkait dengan sosialisasi diadakan termasuk juga dengan kegiatan seperti seminar, kegiatan bersifat komunitas, hingga melalui media online. Saran peneliti yakni diperlukan usaha yang kontinyu dari pihak Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara untuk melaksanakan “12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir” Jakarta Utara karena program ini membutuhkan perhatian khusus dengan jangka waktu pelaksanaan yang lama. Penulis memperkirakan proses integral program ini secara efektif dapat dilakukan dalam jangka waktu hingga 10-15 tahun. ABSTRACT Prima Massabumi. 210110060254. “Communication Strategy Of City Administrator In Socialiazing Tourism Program”. First advisor Hj. Kismiyati El Karimah, Dra., M.Si., and second advisor Ira Mirawati, S.Sos., M.Si. Majoring in Communication Management. Communication Science Faculty. Padjadjaran University. The purpose of this research is to seek and to know further forms of communication strategy that North Jakarta City Administrator doing in socializing the “12 Coastal Tourism Destinations” (12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir) in North Jakarta The method used in this research is case study. The data collecting technique used in this research is by doing in-depth interviews to key informants from the North Jakarta City Administrator and conducting documentary study concerning with any written materials related to the process socializing of “12 Coastal Tourism Destinations.” Results of this study showed that the communication strategy in the socialization program of “12 Coastal Tourism Destinations” in North Jakarta is said to be good. Communication Strategy of North Jakarta Administration City is done through various types of communication and socialization. Organizing various activities related to socialization are held as well as with activities such as seminars, community events and also through online media. Researchers suggest that continuous efforts are needed from the North Jakarta Administration City Government to implement the “12 Coastal Tourism Destinations “ North Jakarta because the program requires special attention to the implementation of a long period of time. Authors estimate the integral process of this program can effectively be done within a period of up to 10-15 years.