Hubungan Literasi Informasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa

Main Author: Zilfa, Ezza
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/31213
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi informasi dengan prestasi belajar mahasiswa. Model literasi informasi yang digunakan yaitu 7 Langkah Knowledge Management yang terdiri dari Merumuskan Masalah, Mengidentifikasi sumber dan Mengakses Informasi, Mengevaluasi Sumber dan Informasi, Menggunakan Informasi, Menciptakan Karya, Mengevaluasi Karya, dan Menarik Pelajaran. Teknik sampel yang digunakan adalah Random Sampling Stratified. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Fikom Unpad sebanyak 84 orang, yang terdiri dari angkatan 2011 sebanyak 39 orang dan angkatan 2012 sebanyak 45 orang. Responden telah menerima mata kuliah literasi informasi pada semester lima. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket dan observasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan analisis deskriptif korelasional. Analisis korelasional menggunakan Rank Spearman Rho. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara literasi informasi dan prestasi belajar mahasiswa Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan dengan nilai korelasi cukup berarti yaitu sebesar 0.520. Kesimpulan penelitian ini adalah Mahasiswa sudah menerapkan kemampuan literasi informasi dengan memadai dalam proses belajarnya sehingga memperoleh IPK yang baik.