Strategi Impression Management oleh Beauty Vlogger Kiara Leswara

Main Author: Hasny, Filza Alifah
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/30896
Daftar Isi:
  • Skripsi ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kesan yang ingin ditunjukkan oleh Kiara Leswara dalam media sosial Youtube. (2) Mengetahui cara Kiara Leswara untuk mempertahankan kesan sebagai beauty vlogger. (3) Mengetahui perbedaan pengelolaan kesan yang dilakukan Kiara Leswara sebelum dan setelah berhijab. Metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus. Penelitian ini melibatkan 11 (sebelas) informan yang dipilih secara purposif berdasarkan karakteristik yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kesan yang ingin ditunjukkan oleh Kiara Leswara adalah sebagai kakak bagi pengikutnya yang mampu menjadi tempat bercerita dan sharing. Kiara Leswara juga tidak ingin menimbulkan kesan buruk atas dirinya dengan mengunggah konten yang bersifat sensitif dan negatif. (2) Cara Kiara Leswara dalam mempertahankan kesannya adalah dengan memberikan batasan dan memfokuskan topik pada kecantikan. (3) Pengelolaan kesan yang dilakukan oleh Kiara Leswara sebelum dan setelah berhijab tidak jauh berbeda. Namun Kiara Leswara semakin menghindari pembahasan mengenai isu-isu keagamaan.