Hubungan Antara Kredibilitas Pembicara Kegiatan Training Of Trainer Tahun 2017 Dengan Sikap Perserta Terhadap Pendidikan Inklusif

Main Author: Dewi, Pujiati Ratna
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/30843
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Hubungan antara keahlian, keterpercayaan, dan daya tarik Pembicara dalam kegiatan Training of Trainer dengan Sikap Peserta terhadap pendidikan inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori kredibilitas sumber (Source Credibility Theory) oleh Hovland, Janis, dan Kelley (1953). Metode yang digunakan adalah dengan korelasional, melalui uji hipotesis Rank Spearman (rs) dengan Teknik analisis deskriptif dan inferensial. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kredibilitas pembicara dalam Kegiatan Training of Trainer Program Ideal tahun 2017 dengan sikap peserta terhadap pendidikan inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi keahlian, keterpercayaan, dan daya tarik pembicara maka akan semakin berkorelasi dengan sikap peserta terhadap pendidikan inklusif. Kata kunci : Kredibilitas dan Sikap