Hubungan Informasi pada Media Sosial dengan Sikap Followers Aktif terhadap Pencalonan Kembali Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017

Main Author: Yunita, Shierly
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/30833
Daftar Isi:
  • Judul penelitian ini adalah “Hubungan Informasi pada Media Sosial dengan Sikap Followers Aktif terhadap Pencalonan Kembali Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui signifikansi hubungan bobot dan valensi informasi pada akun twitter @DKIJakarta dengan sikap followers aktif terhadap pencalonan kembali Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017. Teori yang digunakan Teori Integrasi Informasi yang dikemukakan oleh Martin Fishbein. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan studi korelasional. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, studi kepustakaan, dan observasi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling acak sederhana dengan ukuran sampel sebanyak 92 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara informasi pada akun twitter @DKIJakarta dengan sikap followers aktif terhadap pencalonan kembali Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017.