STUDI MENGENAI REGULASI DIRI DALAM BERKENDARA DENGAN AMAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PADJADJARAN PENGENDARA SEPEDA MOTOR
Main Author: | Amalia, Meidina |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/29366 |
Daftar Isi:
- Pesatnya pertumbuhan kendaraan meningkatkan resiko dalam berkendara seperti kecelakaan yang dapat berujung pada kematian. Guna meminimalisir resiko tersebut perlu diperhatikan pentingnya perilaku mengutamakan keselamatan dalam berkendara (safety riding) terutama pada pengendara sepeda motor. Perilaku berkendara aman merupakan hasil dari regulasi diri seseorang dalam berkendara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan regulasi diri dalam berkendara aman pada mahasiswa UNPAD pengendara sepeda motor (usia 18-25 tahun). Rancangan penelitian ini adalah non-eksperimental dengan tipe penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan survei dengan menyebarkan kuesioner yang dikonstruksi berdasarkan teori regulasi diri oleh Baumeister 1994. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan statistika deskriptif dan analisis parametrik untuk perhitungan uji beda terhadap variabel demografis. Teknik pengambilan sampel yaitu convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 176 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa UNPAD pengendara sepeda motor umumnya memiliki regulasi diri yang tinggi dalam berkendara dengan aman (M =3,205, SD = 0,472) maupun pada ketiga aspek berkendara aman, yaitu menggunakan perlengkapan berkendara (M = 3,359, SD = 0.642), persiapan berkendara (M = 2,824, SD = 0,69), dan saat berkendara/perjalanan (M = 3,335, SD = 0.538). Hal ini berarti, secara umum mahasiswa UNPAD pengendara sepeda motor telah menunjukkan usaha dalam berkendara aman yaitu pada ketiga aspeknya, terutama dalam menggunakan perlengkapan berkendara dibandingkan saat berkendara/perjalanan dan persiapan berkendara.