HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN KECEMASAN PRESENTASI DI DEPAN KELAS PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN

Main Author: S, Maria Yosephina
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/28841
Daftar Isi:
  • Maria Yosephina Saraswati. 190110080119. HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN KECEMASAN PRESENTASI DI DEPAN KELAS PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN Mahasiswa Fakultas Psikologi UNPAD diharapkan mampu berkomunikasi lisan di depan umum. Kemampuan dan keterampilan tersebut dapat dilatih melalui tugas presentasi di depan kelas, akan tetapi mahasiswa merasa cemas ketika menghadapi tugas presentasi di depan kelas, dimana hal ini dapat menghambat pengembangan kemampuan komunikasi dengan orang lain. Dari wawancara yang dilakukan, terdapat indikasi rendahnya keyakinan diri mahasiswa akan kemampuan yang dimilikinya dalam memenuhi tuntutan dalam tugas presentasi, yakni menguasai materi presentasi, menyampaikan materi tersebut dan menjawab pertanyaan yang diajukan audiens. Keyakinan seseorang akan kemampuan yang dimilikinya dalam melakukan suatu tugas dinyatakan oleh Bandura sebagai self-efficacy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai hubungan antara self-efficacy dan tingkat kecemasan yang dialami mahasiswa ketika menghadapi tugas presentasi di depan kelas. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur self-efficacy berdasarkan ketiga dimensi pembentuknya, yaitu magnitude, strength dan generality (Bandura, 1997) dan alat ukur kecemasan presentasi yang diadaptasi dari instrumen Personal Report of Public Speaking Anxiety (McCroskey, 1970). Sampel penelitian ini berjumlah 80 mahasiswa Fakultas Psikologi UNPAD angkatan 2009 – 2011. Uji validitas alat ukur menggunakan construct validity metode korelasi Pearson dengan program SPSS 17.0 for Windows. Hasil untuk alat ukur self-efficacy: magnitude 0,953 (sangat tinggi), strength 0,916 (sangat tinggi), dan generality 0,918 (sangat tinggi); untuk alat ukur kecemasan presentasi: afektif 1,0 (sangat tinggi). Uji reliabilitas alat ukur menggunakan koefisien alpha-cronbach, untuk alat ukur self-efficacy 0,951 (sangat reliabel) dan kecemasan presentasi 0,968 (sangat reliabel), artinya kedua alat ukur dapat diandalkan. Hasil penelitian menunjukkan semakin tinggi self-efficacy dalam melakukan tugas presentasi maka tingkat kecemasan presentasi semakin rendah, dengan r = - 0.736 dan d = 54,17%. Pihak Fakultas Psikologi UNPAD dan mahasiswanya perlu mempertahankan dan meningkatkan self-efficacy agar kecemasan yang dialami ketika menghadapi presentasi berada pada derajat yang rendah. Kata kunci: self-efficacy, kecemasan presentasi, mahasiswa Fakultas Psikologi UNPAD