HUBUNGAN ADIKSI GAME ONLINE DAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PEMAIN GAME ONLINE DI JATINANGOR

Main Author: Sanggeni, Rahmi Laila
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/28692
Daftar Isi:
  • Mahasiswa yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan akan memasuki dunia kerja. Agar lulusan perguruan tinggi tidak kesulitan dalam mencari pekerjaan, maka lulusan tersebut harus memiliki IPK standar minimal, oleh karena itu maka sebaiknya sejak dari semester awal seorang mahasiswa memiliki nilai IPK standar minimal sebagai bekal memasuki dunia kerja. Mahasiswa memiliki kebebasan waktu dalam memilih aktifitas dan dihadapkan pada banyak pilihan yang lebih menyenangkan daripada belajar, salah satunya adalah game online. Namun, ternyata penggunaan fasilitas komputer yang berlebihan dan tidak proporsional dapat mengarah pada tingkah laku adiktif. Jika sudah muncul rasa ketergantungan dari pemain terhadap media tersebut, maka pemainnya akan sanggup untuk mengacuhkan aktifitas penting lain hanya untuk bermain game, termasuk mengacuhkan belajar dan mengabaikan tugas-tugas perkuliahan yang harus diselesaikannya. Peneliti berasumsi bahwa adiksi bermain game online memiliki hubungan dengan prestasi akademik pemainnya. Untuk itu peneliti melakukan suatu penelitian yang mengkorelasikan variabel adiksi game online dengan prestasi akademik pemainnya yang merupakan mahasiswa. Penelitian dilakukan kepada 64 mahasiswa yang bermain game online di warnet sebagai sampel di wilayah Jatinangor. Hasilnya terdapat korelasi antara kedua variabel dengan koefisien korelasi Rank Spearman (rs) adalah sebesar -0,606 dan uji signifikansi dengan α = 1% adalah sebesar 2,660, maka thitung (5,999) > ttabel (2,660) sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat hubungan antara prestasi akademik dengan tingkat adiksi bermain game online pada mahasiswa pemain game online.