MAKNA DIDAKTIS DALAM CERPEN MINATO NI TSUITA KURONBO KARYA OGAWA MIMEI (Pendekatan Semiotik)

Main Author: S, Neneng Ismi
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/26912
Daftar Isi:
  • Karya sastra merupakan cerminan dari kehidupan kita sehari – hari. Karya sastra beragam, sesuai dengan inspiras, imajinasi, dan kreativitas dari pengarangnya. Penulis menggunakan cerpen karya Ogawa Mimei yang berjudul Minato Ni Tsuita Kuronbo sebagai obyek penelitiannya. Skripsi ini menganalisis tentang makna didaktis yang ada dalam cerpen Minato Ni Tsuita Kuronbo karya Ogawa Mimei. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dan menggunakan pendekatan semiotik. Berdasarkan analisis tersebut, dapat dideskripsikan makna didaktis di dalam cerpen Minato Ni Tsuita Kuronbo, diantaranya persaudaraan, kasih sayang, penyesalan, kepedulian, pantang menyerah, dan tidak membeda – bedakan antar sesama. Cerpen Minato Ni Tsuita Kuronbo bercerita tentang dua orang kakak beradik yang yatim piatu dan sering terlihat mencari nafkah di pelabuhan. Setiap hari kakak yang cantik menari dan menyanyi mengiringi suara seruling dari adik yang merupakan seorang tunanetra. Suatu hari mereka berpisah karena kakak pergi ke istana orang kaya, meninggalkan adik lelakinya sendiri. Namun sayang ketika kakak kembali, adik sudah pergi bersama angsa ke pulau selatan.