Penanda-Petanda Seksualitas Perempuan Pada Iklan Poster Aparecida Jewellery: Kajian Semiotika

Main Author: Fariza, Tiara
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/26403
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Penanda-Petanda Seksualitas Perempuan dalam Iklan Poster Aparecida Jewellery: Kajian Semiotika”. Dalam penelitian ini, yang dimaksud dengan seksualitas perempuan merupakan ciri atau sifat seks perempuan yang diperlihatkan atau ditonjolkan dalam periklanan. Penelitian ini membahas tipe informasi seksual yang terdapat pada tiga poster iklan Aparecida Jewellery dan hubungannya dengan model dalam iklan sebagai objek. Teori yang digunakan adalah teori semiotika Ferdinand de Saussure (1960), tipe informasi seksual dalam periklanan Reichert dan Lambiase (2003), seksualitas Simone de Beauvoir (1961). Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, tiga poster iklan Aparecida Jewellery memiliki beberapa tipe informasi seksual dalam periklanan, yaitu nudity/dress, sexual behaviour, dan sexual embeds. Model dalam iklan ini berperilaku sebagai objek menurut teori objektifikasi oleh Nussbaum (1995) karena memiliki beberapa tipe informasi objektifikasi berupa reduction to body, fungibility, reduction to appereance, dan instrumentality. Selain itu, didukung dengan slogan pada iklan maka model dalam iklan ini diperlakukan sebagai objek yang ditonjolkan bagian seksualitasnya.