SEKSUALITAS PEREMPUAN PADA IKLAN CETAK LIPSTIK YVES SAINT LAURENT ROUGE VOLUPT SHINE TAHUN 2016: KAJIAN SEMIOTIKA

Main Author: Aulianisa, Yana Dania
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/26276
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Seksualitas Perempuan pada Iklan Cetak Lipstik Yves Saint Laurent Rouge Volupté Shine Tahun 2016: Kajian Semiotika”. Dalam penelitian ini, yang dimaksud dengan seksualitas perempuan merupakan ciri atau sifat seks perempuan yang diperlihatkan atau ditonjolkan dalam periklanan. Penelitian ini membahas tipe informasi seksual yang terdapat pada iklan cetak YSL dan hubungannya dengan model dalam iklan sebagai subjek dan objek tatapan, serta kaitannya dengan perolehan kuasa oleh model. Teori yang digunakan adalah teori semiotika Barthes (1986, 1991), tipe informasi seksual dalam periklanan Reichert dan Lambiase (2003), subjek dan objek tatapan Doane (2004) dan Mulvey (1989), seksualitas, kenikmatan, dan kuasa Foucault (1978). Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, iklan cetak lipstik YSL memiliki semua tipe informasi seksual dalam periklanan, yaitu nudity/dress, sexual behaviour, physical attractiveness, sexual referents, dan sexual embeds. Model dalam iklan ini berperilaku sebagai subjek tatapan masculinity in transvestite dan femininity as masquerade, serta sebagai objek tatapan scopophilia fetishism dan narcism. Selain itu, didukung dengan slogan pada iklan maka model dalam iklan ini memperoleh kuasa atas dirinya sendiri dan orang yang menatapnya. Kata Kunci: seksualitas perempuan, tipe informasi seksual dalam periklanan, subjek dan objek tatapan, kenikmatan dan kuasa.   ABSTRACT This research entitled “Seksualitas Perempuan pada Iklan Cetak Lipstik Yves Saint Laurent Rouge Volupté Shine Tahun 2016: Kajian Semiotika”. In this research, women`s sexuality was defined as a female sex traits or characteristics that are shown or highlighted in advertising. This research discussed the types of sexual information in YSL lipstick print advertising and the relation with the model as subject and object of the gaze, also the relation to the acquisition of power by the model. The theories used in this research were semiotics by Barthes (1986, 1991), types of sexual information in advertising by Reichert and Lambiase (2003), subject and the object of the gaze by Doane (2004) and Mulvey (1989), and the theory of sexuality, pleasure, and power by Foucault (1978). This research method was descriptive qualitative. Based on this research, YSL lipstick print advertising had all types of sexual information in advertising, there were nudity/dress, sexual behavior, physical attractiveness, sexual referents, and sexual embeds. The model behaved as subject of the gaze by doing masculinity in transvestite and femininity as masquerade, as well as objects of the gaze scopophilia fetishism and narcism. In addition, supported by the advertising slogan, the model gained power over herself and the spectator. Keywords: women’s sexuality, types of sexual information in advertising, subject and object of the gaze, pleasure and power.