PEMBENTUKAN KATA PADA ISTILAH GAME DOTA2: KAJIAN MORFOLOGI DAN SEMANTIK

Main Author: Nugraha, Anandyaz Anantama
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/26264
Daftar Isi:
  • Judul skripsi ini adalah Pembentukan Kata pada Istilah Game DOTA2: Kajian Morfologi dan Semantik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis proses pembentukan istilah dalam permainan Dota2 dan untuk mendeskripsikan makna yang terkandung dalam istilah tersebut setelah melewati proses pembentukan kata. Objek dari penelitian ini adalah istilah-istilah yang dipakai dalam permainan Online Dota2 yang datanya penulis ambil dari daftar istilah pada situs http://www.dota2.com. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Teori morfologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Lieber (2009), Benchez (2006), Fromkin et al (2003), McCarthy (2002), dan O’Grady (1996). Jenis-jenis pembentukan yang digunakan adalah Pemajemukan kata, akronim dan inisialisasi, dan pemendekan. Sementara dalam teori pendukung kajian semantik, penulis ambil dari Saeed (2003) dan Riemer (2010) untuk menjelaskan maknanya secara makna leksikal atau gramatikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembentukan kata yang paling banyak digunakan dalam istilah permainan Dota2 adalah proses compounding. Dalam segi semantis makna-makna yang paling banyak terkandung dari istilah permainan Dota2 adalah makna gramatikal. Dengan memahami proses pembentukan kata yang digunakan dalam istilah permainan ini, pemain dan pembaca dapat mengenali maknanya.