TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA PERCAKAPAN ANTARA NATIVE INSTRUCTOR DENGAN SISWA INTERNATIONAL LANGUAGE PROGRAMS (ILP): KAJIAN PRAGMATIS
Main Author: | Rahmawati, Deby |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/26258 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Tindak tutur ilokusi pada percakapan antara native instructure dengan siswa International Language Programs (ILP)”. Bahasan ini merupakan salah satu bagian dari kajian Pragmatik. Ilokusi dan perlokusi merupakan dua bagian yang saling terkait, sehingga sebuah ilokusi dapat menimbulkan perlokusi dan dari perlokusi tersebut dapat menimbulkan sebuah efek perlokusi dan memiliki fungsi tindak tutur. Penulis melakukan penelitian berupa penelitian lapangan langsung ke sebuah tempat bimbingan belajar Bahasa Inggris International Language Programs (ILP). Partisipan dalam penelitian ini yaitu seorang native instructure dan siswa tingkat SMP, SMA dan beberapa mahasiswa. Data yang berhasil dikumpulkan yaitu berupa voice recording. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang telah diperoleh kemudian akan dianalisis dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh John Searle (dalam Cutting: 2002) setelah menemukan bentuk-bentuk perlokusi, kemudian dilanjutkan dengan meneliti fungsi tindak tutur yang dikemukakan oleh Leech (1993). Hasil penelitian ini adalah menemukan bentuk tindak tutur perlokusi representatif, ekspresif dan direktif beserta fungsi tindak tutur berupa fungsi menyenangkan, kerjasama dan bertentangan. Kata kunci: tindak tutur, tindak tutur ilokusi, fungsi tindak tutur