REPRESENTASI AGUS YUDHOYONO TERKAIT PENCALONAN GUBERNUR DKI JAKARTA 217 DALAM TIGA ARTIKEL THE JAKARTA POST: ANALISIS WACANA KRITIS
Main Author: | Yani, Ana Rizki |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/26240 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Representasi Agus Yudhoyono Terkait Pencalonan Gubernur DKI Jakarta 2017 dalam Tiga Artikel The Jakarta Post: Kajian Analisis Wacana Kritis”. Skripsi ini membahas representasi dan strategi yang digunakan dalam membentuk representasi Agus Yudhoyono ketika dia mencalonkan diri sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada tahun 2017 pada tiga artikel surat kabar elektronik yang diambil dari situs berita daring The Jakarta Post. Dalam menganalisis data menggunakan teori analisis wacana kritis model Norman Fairclough yang berfokus pada tataran tekstual yang terdiri dari dua tahap analisis yaitu analisis mikro dan makro yang didukung oleh teori dari John E. Richardson. Hasil dari penelitian ini menunjukan strategi yang digunakan dalam membentuk representasi Agus Yudhoyono pada tiga surat kabar elektronik ini adalah strategi penamaan, predicational strategies, strategi penggunaan process dan circumstances pada kalimat, penggunaan modality, presupposition dan rhetorical tropes metapora. Penggunaan strategi-strategi ini membentuk representasi Agus Yudhoyono di setiap artikel The Jakarta Post. Pada dua artikel Agus Yudhoyono direpresentasikan secara positif sedangkan pada satu artikel lainnya Agus Yudhoyono direpresentasikan secara negatif. Kata kunci: representasi, analisis wacana kritis, strategi, analisis tekstual, Agus Yudhoyono, Gubernur DKI Jakarta 2017 ABSTRACT This thesis is entitled “Representation of Agus Yudhoyono Regarding the 2017 Jakarta Governor Candidate In Three Articles of The Jakarta Post: Critical Discourse Analysis”. This thesis discusses representation and strategy used to construct representation of Agus Yudhoyono when he ran for Jakarta Governor in 2017 in three electronic newspaper articles taken from the online news site The Jakarta Post. In analyzing the data, the analytical models used in this thesis is Norman Fairclough`s critical discourse analysis focusing on the textual analysis which consists of micro textual and macro textual analysis supported by John E. Richardson’s theory of strategies analyzing newspaper. The results of this study indicate that the strategies used in shaping Agus Yudhoyono`s representation in these three electronic newspapers are naming strategies, predicational strategies, the use of certain processes, strategies and circumstances in the sentence, the use of modality, presuppositions and metaphor. These strategies constructed different representation of Agus Yudhoyono in each online article of The Jakarta Post. The two articles are represented positively meanwhile another one is represented negatively. Keywords: Representation, Critical Discourse Analysis, Strategies, Textual Analysis, Agus Yudhoyono, DKI Jakarta Governor