Penggambaran Seksualitas Perempuan pada Iklan Cetak Parfum: Kajian Semiotika
Main Author: | Sofyan, Andrina Anissa |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/26126 |
Daftar Isi:
- Skripsi yang berjudul “Penggambaran Seksualitas Perempuan pada Iklan Cetak Parfum: Kajian Semiotika” ini membahas tentang bagaimana seksualitas digambarkan pada tiga iklan cetak parfum yang dimuat dalam majalah Cosmopolitan terbitan Amerika Serikat pada bulan Januari sampai dengan Maret tahun 2014. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan dan mendeskripsikan tanda-tanda (ikon, indeks, dan simbol) dan informasi-informasi seksual yang menggambarkan seksualitas perempuan. Penelitian yang menggunakan metode kualitatif deskriptif ini menggunakan teori semiotika yang ditawarkan oleh Peirce (1931-1958), teori mengenai tanda ikon, indeks, dan simbol yang ditawarkan oleh Peirce, seperti yang dijelaskan oleh Chandler (2007) dan Danesi (2004), seksualitas perempuan dari berbagai teoris, misalnya Baker (2005) dan Beauvoir (1953), serta informasi seksual dalam periklanan yang ditawarkan oleh Reichert (2003). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggambaran seksualitas perempuan pada ketiga iklan ini menunjukkan nilai-nilai patriarkal dengan menempatkan perempuan sebagai objek dan laki-laki sebagai subjek. Informasi-informasi seksual yang muncul pada ketiga iklan cetak parfum ini adalah nudity, sexual behavior, physical attractiveness, sexual referents dan sexual embeds.