Tema Pada Slogan Iklan Coca-cola dan Pepsi Berbentuk Klausa: Pendekatan Tata Bahasas Fungsional

Main Author: Rahman, Nita Bonita
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/26073
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Tema Pada Slogan Iklan Coca-cola dan Pepsi: Pendekatan Tata Bahasa Fungsional”. Penelitian yang membahas tema pada slogan iklan berbahasa Inggris ini bertujuan mendeskripsikan tema dan rema, tipe-tipe tema dan Metafungsi yang disampaikan dalam slogan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Data yang dianalisis adalah dua puluh teks slogan yang diperoleh dari beberapa situs resmi kedua produk iklan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Tata Bahasa Fungsional, yaitu teori Halliday (1985) dan Gerot and Wignel (1995) yang mengemukakan tema dan rema pada klausa sebagai pesan, tipe-tipe tema dan klausa sebagai penyampai pesan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tema terdiri dari tema tunggal dan tema kompleks. Dari seluruh data yang telah dianalisis, tema tunggal adalah tema yang paling sering ditemukan. Berdasarkan tipe-tipe tema yang dianalisis, tema ideasional tidak bermarkah paling sering digunakan, yaitu elemen pengisi temanya adalah subjek dalam klausa. Untuk menemukan pesan dalam teks slogan ini yaitu dengan menganalisis Metafungsi Bahasa yang meliputi: fungsi ideasional, fungsi tekstual dan fungsi interpersonal. ABSTRACT This research is entitled “Tema Pada Slogan Iklan Coca-cola dan Pepsi: Pendekatan Tata Bahasa Fungsional”. It aims to describe theme and rheme, the types of theme, and Metafunctions of the slogans. The research employs analytical descriptive method. The data is twenty English advertising slogans taken from some official sites of both advertising products. The theories adopted in this research are functional grammar especially Halliday (1985) and Gerot and Wignell (1995) theories which tell us theme and rheme in the clause as message, the kinds of theme and clause as a message. The results of this research show that theme divided into two types, which are single theme and multiple themes. From the whole data which have already analyzed, the type of theme which often be founded is single theme. According to the types which have been analyzed, unmarked ideational theme is often used, it means subject as the theme in the clause. A message in the slogans will be founded by analyzing Metafunctions, there are ideational, textual, and interpersonal functions.