Retorika Pada Media Telvisi Nutrilon Royal 3 Versi Life Starts Here dan Life is an Adventure: Kajian Analisis Tekstual

Main Author: Istafani, Regina
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/26019
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul "Retorika Pada Iklan Media Televisi Nutrilon Royal 3 Versi Life Starts Here dan Life is an Adventure: Kajian Analisis Tekstual." Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan retorika, fungsi bahasa, serta aspek tekstual yang terdapat pada iklan. Objek Penelitian ini adalah transkripsi iklan Nutrilon Royal yang berupa bodycopy atau narasi dalam iklan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan mengklasifikasikan data kedalam jenis retorika, fungsi bahasa, dan aspek tekstual yang digunakan. Penelitian ini menggunakan teori McQuarrie dan Mick (1996) sebagai teori utama untuk mengetahui jenis retorika yang digunakan. Sementara itu, untuk megetahui fungsi bahasa digunakan teori Vestergaard dan Schroder (1987), serta teori yang diusung oleh Sumarlam (2003) untuk mengetahui aspek tekstual apa saja yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa jenis penggunaan retorika diantaranya adalah empat hiperbola, satu antitesis, satu metafora pada versi iklan Life is an Adventure2; sembilan hiperbola, empat anafora, tiga aliterasi, satu rima pada versi iklan Life Starts Here; dua aliterasi, satu parison, satu antitesis, satu anafora, satu metafora, dan dua hiperbola pada versi iklan Life is an Adventure1, serta penjelasan mengenai fungsi bahasa yang digunakan kedua iklan dan aspek tekstual dalam iklan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan retorika fungsi bahasa, serta aspek tekstual berperan penting dalam sebuah iklan.