RETORIKA DALAM HEADLINE IKLAN VOLKSWAGEN: KAJIAN SINTAKTIS DAN SEMANTIS
Main Author: | Wiharani, Dessy Arina |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/25685 |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul Retorika Dalam Headline Iklan Volkswagen: Kajian Sintaktis dan Semantis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk retorika yang digunakan dalam headline iklan Volkswagen dan maknanya. Metode yang digunakan dalam skripsi ini yaitu metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bahasa retorika dalam iklan-iklan Volkswagen. Penulis mengumpulkan data dalam bentuk teks headline iklan yang kemudian dianalisis sesuai dengan teori-teori yang relevan. Teori utama yang digunakan adalah menggunakan teori pola kalimat Greenbaum dan Quirk (1990), teori rhetoric in advertising language McQuarrie (1996), juga dengan teori semantics Leech (1990). Penulis mengambil 20 data kalimat headline iklan Volkswagen dan membaginya berdasarkan bentuk retoris dan jenis retorikanya, kemudian dianalisis pola kalimat serta maknanya. Hasil menunjukkan dari 20 data yang diteliti, terbagi berdasarkan dua bentuk retoris, kemudian terbagi lagi berdasarkan empat jenis retorika. Terdapat beberapa headline yang menggunakan lebih dari satu bentuk retoris dan lebih dari satu jenis retorika, namun dalam penelitian ini, dari tujuh tipe makna, hanya dua macam yang digunakan dalam headline iklan Volkswagen.