Kemampuan Berbahasa Indonesia pada Penyandang Tunagrahita Sedang (IQ 40-54) Usia 10 s.d. 15 Tahun di SLB Purnama Asih Bandung: Kajian Psikolinguistik

Main Author: Al-mubarrok, Muhammad Ramdlan
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/24569
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Kemampuan Berbahasa Indonesia pada Penyandang Tunagrahita Sedang (IQ 40–54) Usia 10 s.d. 15 Tahun di SLB Purnama Asih Bandung: Kajian Psikolinguistik”. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan berbahasa Indonesia reseptif dan produktif pada anak-anak penyandang tunagrahita sedang dengan IQ 40–54. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu metode yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena dalam konteks sosial secara alamiah dengan mengedepankan proses interaksi komunikasi yang mendalam antara fenomena sosial dan masalah manusia. Penelitian ini disajikan dengan metode deskriptif yang memberikan gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan mewawancarai informan. Sumber data pada penelitian ini ialah anak penyandang tunagrahita sedang berjumlah lima belas orang yang berusia rata-rata 10–15 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa Indonesia reseptif pada anak penyandang tunagrahita mencapai 47%, masing-masing 27% kemampuan menyimak dan 20% kemampuan membaca, termasuk dalam kategori belum mampu dalam berbahasa Indonesia. Sementara itu, kemampuan berbahasa Indonesia produktif mencapai 53% dengan kemampuan berbicara 30% dan kemampuan menulis 23%. Hasil tersebut masuk ke dalam kategori cukup mampu dalam berbahasa Indonesia.