Pengaruh Kemasan Chocodot Edisi Etnik Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Pada PT Tama Cokelat Indonesia (Survei pada konsumen Gedoeng Cokelat Indonesia)
Main Author: | Mirawati, Ike |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/23077 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui gambaran kemasan dan kondisi proses pengambilan keputusan pembelian konsumen Chocodot Edisi Etnik di Gedoeng Cokelat Chocodot, serta pengaruh kemasan Chocodot Edisi Etnik terhadap proses pengambilan keputusan pembelian pada PT Tama Cokelat Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan rumus Iterasi. Jumlah Populasi tidak diketahui, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 62 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Kemasan Chocodot Edisi Etnik berdasarkan tanggapan responden berada dalam kategori tinggi, dan proses pengambilan keputusan pembelian berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengujian hipotesis dengan uji t menyatakan bahwa terdapat pengaruh kemasan terhadap proses pengambilan keputusan pembelian. Persamaan regresi linier sederhana yang diperoleh adalah Y= 4,084 + 0,382X, dan koefisien determinasi variabel kemasan terhadap variabel proses pengambilan keputusan pembelian sebesar 60%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan dari kemasan Chocodot Edisi Etnik terhadap proses pengambilan keputusan pembelian pada PT Tama Cokelat Indonesia. Saran yang penulis ajukan kepada PT Tama Cokelat Indonesia diantaranya adalah kemasan disertai fotografi produk, warna cokelat tua pada kemasan tetap dipertahankan, volume produksi kemasan bentuk boboko mendapatkan persentase paling banyak daripada kedua bentuk lainnya, serta memaksimalkan media promosi sebagai sarana untuk menyediakan informasi.